Mahasiswa Manajemen UPNVY, Sabet Gelar Duta GenRe DIY

  • Senin 21 September 2020 , 10:07 AM
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1241
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman- Dhella Rezki Legynia Putri, mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta meraih juara 1 dalam ajang Duta Generasi Berencana  (GenRe) DIY. Dhella yang sebelumnya telah meraih predikat sebagai Duta GenRe Kota Yogyakarta tahun 2019, kembali mewakili kota Yogyakarta untuk maju ke ajang Duta GenRe tingkat provinsi. GenRe (Generasi Berencana) merupakan program yang diselenggarakan oleh BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi. Program GenRe dilaksanakan melalui pengembamgan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja dengan pendekatan untuk remaja sesuai dengan kecenderungan remaja yang lebih menyukai bercerita tentang permasalahannya dengan teman sebaya. Dalam rangka meningkatkan sosialisasi dan promosi program GenRe, khususnya pengembangan PIK Remaja sebagai sebuah wadah pelayanan informasi dan konseling, maka diperlukan figur motivator di kalangan remaja yang kemudian disebut Duta GenRe.

Dhella Rezki Legynia Putri selaku peraih juara 1 dalam ajang Duta Generasi Berencana  (GenRe) DIY mengatakan registrasi pendaftaran dilakukan online pada tanggal 15 Juni-15 Juli.  Verifikasi pendaftaran (pengiriman berkas melalui e-mail dan pembuatan video profil yang diunggah ke akun Youtube), tes tertulis secara online dengan materi seputar GenRe (mengenai GenRe, substansi GenRe, materi kesehatan reproduksi, pengetahuan umum, dan pengetahuan mengenai provinsi DIY), tes wawancara online dan penampilan unjuk bakat yang diunggah ke akun Youtube. Setelah serangkaian seleksi secara daring, didapati 20 besar finalis atau 10 pasang putra putri yang harus mengikuti serangkaian kegiatan secara luring di antaranya: pelatihan, pembekalan, Social Media Challenge, Bakti GenRe, karantina, hingga acara Grand Final.

Ia menambahkan acara Grand Final Duta GenRe DIY diselenggarakan pada tanggal 19 September 2020 jam 12.30 yang bertempat di Hotel Grand Dafam Rohan Yogyakarta. Acara Grand Final ini pun mematuhi protokol kesehatan yang ketat dengan mematuhi regulasi “physical distancing” serta membatasi jumlah penonton (sebatas tamu undangan saja).

“Pengalaman yang memorable dari acara Grand Final ini yaitu saat diberi kesempatan bisa masuk ke top five, karena benar-benar di luar dugaan dan bersyukur banget bisa dipanggil untuk menjadi salah satu finalis yang masuk ke top five. Alhamdulillah juga bisa dapet kesempatan berharga menjadi juara 1 Duta GenRe DIY 2020 ini”, terang Dhella.

Mantan staf pengurus Divisi Sumber Daya Manusia UKM English Conversation and Discussion Club (ECDC) 2020 itu juga menyatakan beberapa prestasi yang telah dia peroleh antara lain sebagai Juara 1 Duta Genre Kota Yogyakarta 2019, Juara 1 Business Marketing Project KSM Pemasaran UPN “Veteran” Yogyakarta, dan Juara 3 Jambore Pemuda Daerah 2019. Selain itu, dia juga aktif bergabung organisasi UKM English Conversation and Discussion Club (ECDC) UPN “Veteran” Yogyakarta sebagai staf pengurus Divisi Humas tahun 2020 dan tergabung di dalam Ikatan Duta Remaja GenRe Kota Yogyakarta, PIK Remaja Pandansari Sorosutan, dan GenRe DIY.

“Seneng dan bersyukur banget tentunya bisa dipertemukan dengan 20 orang hebat, bisa berproses bareng untuk dapat jadi inspirasi bagi sekitar, bisa punya keluarga baru juga. Semoga saya dapat memberikan yang terbaik untuk ajang Duta GenRe tingkat nasional nanti, bisa membawa nama baik DIY, semoga juga amanah dan tanggung jawab yang diberikan sekarang ini (sebagai Duta GenRe DIY 2020) bisa saya kerjakan dan selesaikan dengan baik” ujar Dhella. Humas / Vera Indratiami

Previous Next